Friday 18 December 2015

JUALAN MAINAN SECARA ONLINE

Sebagai seorang pebisnis tentu akan menerapkan berbagai macam cara agar penjualan  bisa meningkat dan berujung pada kesuksesan. Salah satu cara yang dapat di tempuh adalah dengan jalan menjual produk melalui media internet atau yang lebih dikenal dengan nama ON LINE SHOP. Penjualan secara On Line memiliki kelebihan dapat di akses oleh semua orang di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Tapi ga usah jauh-jauh lah, dengan pasar se Indonesia Raya saja rasanya sudah cukup potensial untuk mendulang pundi-pundi rupiah.

Bisnis menjual mainan anak-anak juga sangat cocok menerapkan strategi OL marketing. Sudah banyak pula pebisnis mainan yang menerapkan strategi ini, baik yang menjual mainan secara grosir maupun yang menjual secara eceran. Nah berikut ini  beberapa tips dan trik agar Anda sukses berjualan melalui OL SHOP atau Toko Online.

1. Desain dan Fitur Toko Online.

Sudah menjadi kewajiban dimana desain atau template akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan. Desain toko online yang kurang profesional bisa berimbas pada kurangnya tingkat kepercayaan calon pembeli terhadap toko online kita, sekalipun tidak ada unsur penipuan didalamnya.

Maka dari  itu, bangunlah toko online Anda seindah mungkin yang bisa memanjakan dan nyaman di kunjungi oleh calon pembeli. Buatlah pengunjung lebih betah melihat koleksi produk anda yang tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan sebuah penjualan bahkan repeat order yang berkelanjutan. Desain dalam artian lebih jauh diantaranya sebagai berikut :
  • Pemilihan template ( pilihlah desain template yang cantik )
  • Perpaduan fitur pendukung seperti ( Navigasi,slideshow,banner,dll )
  • Kejelasan mengenai detil produk, cara belanja, metoda pengiriman barang, dan cara pembayaran
  • Widget kontak dan alamat yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi Anda.

2. Pelayanan Online Customer Service.

Dalam binis yang dikelola secara Online, setiap orang bisa saja ingin menghubungi atau bahkan membeli produk kapan saja dan dimana saja tanpa terikat waktu dan tempat. Untuk itu Anda diharuskan siap melayani kapanpun dan dimanapun konsumen menghubungi Anda. Bagaimana kalo konsumen menghubungi Anda di tengah malam..??  disinilah pentingnya kejelasan desain toko yang sudah saya uraikan di atas. Berikut ini cara untuk mengatasi hal tersebut:
  • Waktu buka dan tutup di toko online Anda harus jelas
  • Jam kerja OL Customer Service harus jelas
Dengan begitu pembeli tidak akan menghubungi anda di luar jam kerja. Tidak cukup sampai di situ, menjadi customer service juga ada trik agar pembeli merasa nyaman dan melakukan repeat order di kemudian hari, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:
  • Fast Respon, yaitu cepat menanggapi pesan dari pembeli.
  • Mengucapkan salam sebelum membalas pesan dari pembeli.
  • Menggunakan bahasa yang sopan
  • Menggunakan berbagai layanan chat online ( misalnya BBM, WA, LINE, YM, dll )
  • Menerima kritik dan saran dengan sabar.
  • Segera meminta maaf jika terjadi masalah walaupun penyebabnya bukan dari kita sendiri. Misal ( keterlambatan pengiriman, slow respon dan masalah lain )

3. Foto Produk yang Menarik dan Berkualitas.

Salah satu kunci sukses sebuah toko online yaitu dengan menampilkan foto produk yang berkualitas dan juga kejelasan detail produk. Anda akan memberikan pengalaman berbelanja online yang luar biasa pada pembeli. Kreteria foto yang menarik diantaranya :
  • Kualitas foto produk jernih ( Tidak pecah / buram / nge blur )
  • Lengkapi foto produk dari segala sudut ( Misalnya dari depan,belakang atas dan samping )
  • Sebelum di upload sebaiknya foto di perkecil / di kompres agar tidak memperberat loading browser.
tiga point di atas sangatlah vital mengingat produk Anda dikenal melalui gambar/foto sebagai perantara dengan pembeli. Jadi usahakan hal-hal tersebut di atas bisa terpenuhi dengan baik.

4. Bangun sistem penjualan Reseller.

Mungkin anda bisa menjual produk secara personal, tapi menurut saya hasilnya akan jauh lebih maksimal apabila di jalankan bersama dengan sistem Reseller dan dropship. Pengalaman menunjukkan bahwa peningkatan penjualan dalam binis online dari waktu ke waktu adalah karena adanya reseller.
Agar tercipta sebuah kerjasama yang baik, berikan mereka kejelasan mengenai sistem dan perjanjian kerjasama yang jelas dan harus di patuhi oleh reseller, seperti update katalog, teknis pengiriman barang, dan lain-lain. Langkah berikutnya layani reseller dengan baik, bangunlah sebuah ikatan bisnis yang nyaman dan konduif, posisikan mereka sebagai partner bisnis, bukan antara ataan dan bawahan. Karena perlu diingat bahwasanya reseller adalah salah satu ujung tombak penjualan Anda yang akan memberikan jalan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Berikut beberapa keuntungan menjalankan bisnis dengan sistem reeller, diantaranya:
  • Meningkatkan kuantitas/jumlah penjualan.
  • Menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.
  • Peluang untuk membuka jalan toko Anda menuju market leader.
 5. SEO ( Search Engine Optimize )

Sebagian besar pengguna internet atau sering disebut Netter mencari informasi dan keperluan yang mereka butuhkan melalui search engine atau mesin pencari (seperti Google,yahoo,bing,dll). Disinilah peranan SEO ( Search Engine Optimize ) diperlukan agar website atau toko online Anda mampu bersaing di halaman satu google untuk memperoleh potensi penjualan yang besar. Alasan mengapa hal ini sangat dibutuhkan :

  • Pengunjung 90% mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine
  • Potensi penjualan akan sukses jika toko online anda berada di halaman satu google.
6. Promosi Berbayar maupun Gratis
Promosi merupakan kunci penting dalam menjalankan bisnis. Lihat saja bagaimana perusahaan besar berani membayar iklan mahal di jam premium yang bertarif jutaan rupiah tiap menitnya agar produk mereka dikenal masyarakat luas. Promosi berbayar memang lebih berpotensi mendatangkan pengunjung dan pembeli yang lebih banyak lagi sehingga omset Anda akan meroket. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda tempuh:
  • Pasang iklan di Televisi
  • Pasang iklan di Koran
  • Pasang iklan di Facebook
  • Paang Iklan di Google Adword
  • Pasang iklan premium di iklan baris
  • Pasang iklan dengan label isstimewa di OLX, dll
Selain dengan cara di atas, Anda juga mengenalkan produk ataupun alamat blog / website Anda melalui iklan baris gratis. Tapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berpromosi secara manual dengan cara submit iklan satu persatu, maka Anda bisa menyewa software penyebar iklan gratis yang mampu menyebarkan iklan Anda secara otomatis ke ratusan bahkan ribuan web iklan gratis.
Itulah beberapa strategi sederhana untuk meningkatkan kunjungan dan omset dari penjualan toko online Anda. Semoga Bermanfaat.... Aamiin

0 comments:

Post a Comment