Thursday 24 December 2015

SEJARAH MAINAN YOYO

Hay Guys, pa kbr ?
Semoga Anda diberi kesehatan agar dapat beraktivitas dengan penuh semangat...

Siapa yang tak kenal dengan yoyo ? Tentunya semasa anak-anak kita permah menainkan permainan ini. Tak hanya di jaman moderen seperti saat ini, ternyata permainan yo-yo sudah terkenal sejak tahun 500 SM. Anda pengen tahu sejarah mengenai permainan yo-yo ? baiklah, berikut ini ulasannya.....

Yo-yo adalah suatu permainan yang tersusun dari dua cakram berukuran sama (bahan dasarnya ada yang terbuat dari kayu, plastik atau logam) yang dihubungkan dengan as atau sumbu di mana tergulung tali yang digunakan. Satu ujung tali terikat pada as / sumbu, sedangkan satu ujung lainnya bebas dan biasanya diberi kaitan agar memudahkan permainan. Permainan yo-yo termasuk salah satu permainan yang populer di dunia. Tak hanya anak-anak, tidak sedikit orang dewasa yang senang memainkan permainan yo-yo, bahkan ada yang memiliki kemampuan profesional dalam memainkan yo-yo.

Yo-yo dimainkan dengan mengaitkan ujung bebas tali pada jari tengah, memegang yo-yo, dan melemparkannya ke bawah dengan gerakan yang mulus. Sewaktu tali terulur pada sumbu, efek giroskopik akan terjadi, yang memberikan waktu untuk melakukan beberapa gerakan. Dengan menggerakkan pergelangan tangan, yo-yo dapat dikembalikan ke tangan pemain, di mana tali akan kembali tergulung dalam celah sumbu.
Ada berbagai teknik yang digunakan dalam bermain yoyo, diantaranya:
  • Putar bawah (Slepping), yaitu teknik dasar bermain yoyo dengan cara membuat yoyo berputar pada ujung tali bawah dan diam untuk beberapa saat.
  • Lompatan (Looping), yaitu teknik dimana yoyo selalu dalam keadaan bergerak atau tak perlu kembali ke tangan pemain untuk dilempar kembali.
  • Off-string, teknik ini menggunakan ikatan longgar tali pada yoyo. Sehingga yoyo dapat berputar pada sumbunya, kemudian pemain dapat melakukan akrobat dengan yoyo yang masih berputar, seperti mendarat di tali dan memantul. Jenis yoyo kupu-kupu paling cocok untuk trik ini karena mempunyai celah yang lebar dan pinggir yoyo yang tumpul.

Sejarah Permainan Yo-Yo

Permainan yoyo pertama kali di buat oleh orang Yunani pada tahun 500 SM. Permainan yoyo menjadi semakin  populer pada tahun 1920. Pada tahun 1930 Duncan Palmer yang seorang pengusaha memproduksi mainan yo-yo. Sejak itulah yo-yo semakin populer dan digemari anak muda. Produksi pertama Duncan ini dinamai Duncan O-BOY. Maka sejak saat itulah permainan ini mendunia dan terbukti hingga saat ini tak pernah membuat bosan.

Trends Permainan Yoyo

Trends yoyo tahun 2008 muncul karena terinspirasi karena sebuah film yang berjudul "BLAZING TEENS 2". Film yang bersegmen anak-anak dan remaja memunculkan tokoh-tokoh karakter berdasarkan yo-yo yang dimiliki oleh masing-masing personel "Blazing Teens". Film ini cukup digemari oleh pecinta yo-yo yang sebagian adalah anak-anak dan remaja. Para tokoh dalam film ini sangat lihai dalam memainkan permainan yo-yo mereka, seperti karakter "Leon" yang memiliki "Fire Thunder" yo-yo andalannya.

Demikianlah sejarah permainan yo-yo. Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment