Saturday 19 December 2015

PERMAINAN MUSIMAN

Permainan musiman bisa diartikan dengan sebuah permainan yang hanya dimainkan pada waktu-waktu tertentu saja, yang bisa dipengaruhi oleh pergantian musim atau cuaca, momen tertentu, maupun trend yang sedang berkembang di masyarakat.

1. Permainan Yang dipengaruhi perubahan Musim diantaranya:

a. Layang-Layang
Permainan ini biasanya dimainkan pada saat musim kemarau saja. Di daerah pedesaan permainan layang-layang biasanya dimainkan setelah musim panen padi berakhir. Anak-anak senang bermain layangan di sawah yang tidak membutuhkan ketrampilan khusus karena layangan lebih mudah terbang dengan bantuan angin di lahan terbuka. Lain halnya bila bermain layangan di gang sempit perkotaan, butuh ketrampilan khusus agar layangan bisa terbang. Permainan ini akan lebih seru apabila layangan di adu dengan lawan, yang menang akan merasa puas.
b. Kelereng / kaleci /gundu / neker / dir
Permainan ini biasanya di mainkan saat musim kemarau. Permainan iki baru akan booming jika ada anak yang mulai memainkannya. Apabila ada kawan yang tertarik dan mengikuti permainan ini, maka dalam waktu yang singkat boominglah permainan kelereng. Permainan iki akan asyik bila dimainkan dengan cara di adu. rasanya akan lebih greget gitu loh....

2. Permainan yang Dipengaruhi Momen Tertentu diantaranya:

a. Permainan Remote Control
Permainan yang di kendalikan dengan Remote Control biasanya akan booming saat momen Lebaran tiba. Sanak famili datang dari kota, biasanya mereka bagi-bagi angpao untuk saudara maupun tetangganya. Namanya juga anak-anak, begitu memperoleh uang yang cukup banyak sasaran pertama yang dituju pastinya toko mainan anak. Disana mereka belanja mainan dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa.
b. Mainan Elektronik
Di era modern saat ini anak-anak sudah terbiasa dengan permainan elektronik. Saat musim lebaran tiba, uang dari kota akan banyak beredar di kampung. Orang kota pulang ke kampung halaman dan berbagi uang THR bersama keluarga dan tetangga. Ini kesempatan bagi anak-anak untuk membeli permainan elektronik sesuai keinginan mereka, diantaranya PS, PSP, Gadget, dll
c. Permainan Terompet
Mainan terompet dan tutup kepala berbentuk kerucut akan booming setahun sekali yaitu saat momen natal dan tahun baru tiba. Saat ini ada beragam bentuk terompet yang bisa anak-anak pilih. Ada yang berbentuk biasa saja seperti kerucut, ada yang lebih unik dengan bentuk naga ataupun kupu kupu. Terompet seperti itu biasanya menggunakan bahan dasar kertas. Adalagi saat ini yang menggunan bahan plastik yang lebih awet bila momen tahun baru turun hujan. Cara membunyikan terompet pun bermacam-macam, ada yang di tiup, ada yang di pompa, ada pula yang menggunakan gas.

3. Permainan yang Mengikuti Trend diantaranya:

a. Mini 4 WD
permainan ini booming di Indonesia kira-kira 2 dekade yang lalu. Hal ini akibat asa salah satu stasiun televisi yang menayangkan kartun Dash Warrior. Saat itu berbagai jenis mini 4WD diburu anak-anak baik yang original, kualitas KW1 maupun KW berikutnya. Berbagai perlombaan pun digelar untuk menyemarakkan permainan mini 4WD. Saat ini trend permainan mini 4WD sudah mulai berkurang. Biasanya anak-anak hanya membeli mainan mini 4WD saat lebaran.
b. Permainan Kartu
Permainan kartu booming saat ada kartun baru di putar di stasiun televisi. Saat kartun Yugi di putar, maka kartu yang bergambar Yugi Oh paling diburu, begitu juga saat kartun Naruto nge hits di televisi, maka kartu dengan gambar Naruto paling laku di pasaran. Permainan kartu akan mengasyikkan bila di adu dengan lawan.
c. Gasing
Permainan tradisional yang telah dikenal luas oleh masyarakat sejak jaman dahulu, kini telah bertransformasi menjadi gaing petarung. Permainan ini sangat booming beberapa waktu lalu ketika iklan di televisi menghiasi setiap acara anak-anak. Hasilnya permainan gaing petarung banyak diburu anak-anak baik sebagai koleksi maupun untuk bertarung melawan musuhnya.
d. Trend film / kartun / sinetron
Saat ada salah satu film / kartun / sinetron yang sedang nge hits di stasiun televisi, biasanya produsen mainan cepat tanggap dengan memproduksi mainan dengan gambar atau karakter seperti tokoh idolanya. Katakanlah saat ini sedang hits kartun doraemon, maka berbagai bentuk mainan dengan gambar ataupun karakter doraemon akan di buru anak-anak.

Demikian uraian secara umum mengenai permainan musiman. Ini juga bisa menjadi referensi bagi penjual mainan anak agar barang dangan cepat laku di pasaran. Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment